RPP Bahasa Inggris SMA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 

Nama Sekolah : SMA Negri 1 Kota Ternate

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris

Kelas/Semester : XI/I

Pertemuan : 1

Alokasi : 1 x 45 Menit

I. Standar Kompetensi :

Memahami makna teks tulis fungsional pendek esai sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.

II. Kompetensi dasar :

Merespon makna dan retorikateks tulis esai secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk recount, narrative, dan procedure.

III. Indikator :

1. Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca

2. Mengidentifikasi variasi susunan kalimat dalam teks berbentuk recount

3. Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa

4. Menghasilkan teks berbentuk recount

IV. Materi Ajar :

Teks tulis berbentuk recount

V. Metode Pembelajaran:

Ceramah dan Small group discussion

VI. Langkah-langkah Pembelajaran 

Perte-

muan

Tahap

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Siswa

Media

Waktu

1

Kegiatan Awal

  1. Menberi salam
Menjawab salam White-board, eraser, RPP

5 menit

  1. Berdoa
berdoa
  1. Mengabsen
memperhatikan
  1. Menanyakan kondisi siswa
memperhatikan
  1. Mengatakan topic dan tujuan
memperhatikan

Kegiatan Inti

  1.  Menjelaskan pengertian teks tulis bentuk recount
Memperhatikan White-board, black-board, eraser, teks tulis berbentuk recount

35

  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi dari simple present tense
Memperhatikan
  1. Latihan menggunakan simple past tense dalam teks tulis berbentuk recount
Memperhatikan, dan mengerjakan
  1. Membaca nyaring teks recount secara individu
Membaca
  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks tulis bentuk recount secara berkelompok
Memperhatikan dan memberi jawaban
  1. Menyusun sebuah teks yang menceritakan sebuah pengalaman
Mengerjakan

Kegiatan  Penutup

  1. Merangkum Materi
Memperhatikan  

5

  1.  Menayakan kepada siswa apakah ada kesulitan dalam mempelajari materi ini
Memberi komentar/pertanyaan

JUMLAH

45

VII. Sumber Belajar (Referensi)

1. Text Book (I Love Study English)

2. http://www.e-dukasi.net

VIII. Penilaian

1. Test

2. Performance

Guru Pamong

Hamida S. Jasin, S.Pd, M.Pd, BI

Ternate, 15 Mei 2012

Guru PPL

Ummi Salamah Tianotak

Mengetahui,

Kepala Sekolah

Nurlaily Sofyan, S.Pd, M.Hum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s